Selasa, 03 Agustus 2010

Kebenaran Tsunami Matahari

Tsunami matahari ini dikhawatirkan akan merusak satelit-satelit yang beredar di sekitar planet bumi sehingga bisa mengganggu sistem komunikasi. Menurut para ilmuwan, tsunami matahari ini berasal dari ledakan sangat besar yang terjadi di permukaan matahari. Ledakan yang terjadi pekan lalu itu sempat terekam oleh sejumlah satelit, termasuk stasiun pemantau matahari milik Nasa, Solar Dynamics Observatory.


Begitu besarnya ledakan itu sehingga tidak bisa ditahan oleh gravitasi matahari, dan energi dari ledakan diperkirakan akan meluncur mencapai bumi. Gelombang energi itulah yang digambarkan seperti sebuah tsunami yang melintasi jarak 93 juta mil melintasi angkasa dan menuju planet bumi.
“Ledakan itu langsung menuju ke tempat kita di bumi,” ujar Leon Golub, ilmuwan dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA).

“Kembang api yang luar biasa dari matahari. Dua ledakan sekaligus di tempat berbeda di Matahari dan menuju Bumi,” kata Dr Lucie Green, astronom dari Mullard Space Science Laboratory, Surrey, Inggris.
Nasa telah memperingatkan kemungkinan terjadinya pemadam listrik dalam area yang luas serta rusaknya sinyal komunikasi dalam waktu cukup lama, jika tsunami matahari ini benar-benar terjadi.
Juni lalu Daily Telegraph juga mengungkapkan prakiraan seorang ilmuwan tentang terjadinya energi magnetis sangat besar yang akan menghantam bumi pada 2013. Energi magnetis itu berasal dari ledakan di matahari.

Baca juga berita terbaru hari ini:
Redenominasi Rupiah
Hasil Pilkada Sulut

2 komentar:

  1. 2013 ya? jgn2 cuma isapan jempol aja tuh...

    BalasHapus
  2. masak seh? tp kalo kata ilmuwan seh percaya gak percaya ya

    BalasHapus